Tingkatkan Kemampuan Operator Rantis AWC


Satbrimob Polda DIY menggelar pelatihan personil dalam pengoperasian dan pemeliharaan rantis atau kendaraan taktis AWC (armoured water cannon) atau sering disebut mobil water cannon bertempat di halaman Mako Satbrimob Polda DIY pada Selasa (28/11).

Kegiatan latihan tersebut dilatih oleh tiga personel yang biasa mengawaki kendaraan AWC yang telah mengikuti pendidikan dan sertifikasi di Mako Korps Brimob Polri.


Pelatihan ini dilaksanakan, sebab untuk mengoperasikan kendaraan taktis (rantis) AWC ini tidaklah mudah terutama untuk menggerakkan cannon atau penyemprot yang berada di atas truk secara otomatis. Didalam kendaraan AWC ini ada beberapa personel yang bertugas didalamnya yang memiliki tugas masing-masing, sejumlah tombol, sakelar serta remote control berada pada papan kontrol di bagian tengah. sebagai pengendali penyemprot maupun camera.

Seluruh kaca di mobil AWC ini dilapisi pengaman besi guna mencegah lemparan benda keras yang ditujukan ke AWC. Kendaraan ini juga dilengkapi kamera pengawas untuk memantau ataupun merekam aktivitas diluar kendaraan AWC.


Dengan diadakannya pelatihan penggunaan rantis AWC ini diharapkan setiap personel yang telah ditunjuk untuk menjadi Operator ataupun driver rantis ini dapat mengerti dan memahami penggunaannya beserta kelengkapan pendukungnya sehingga senantiasa siap jika suatu saat dibutuhkan.











Komentar