TIM SAR SATBRIMOB POLDA DIY LATIH KEMAMPUAN VERTICAL RESCUE

 

VERTICAL RESCUE BAGI TIM SAR BRIMOB DIY YON B

YOGYAKARTA,BRIMOBDIY--Kalau Anda seorang pendaki gunung, penyuka caving, pekerja tambang, pemadam kebakaran dan kalangan Tim SAR BRIMOB tentu tidak asing dengan istilah Vertical Rescue. Karena memang pengaplikasiannya lebih pada hobi atau pekerjaan yang berhubungan dengan ketinggian atau digunakan oleh Tim SAR Brimob Khususnya untuk kebutuhan taktis.

Vertical Rescue yang direfresh oleh Brimob DIY ini merupakan bagian dari operasi SAR. Dapat diartikan sebagi teknik evakuasi objek dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau kebalikannya, pada medan yang terjal baik kering maupun basah.Rabu(12/8/20).

Lebih Jauh,Bripka Adi Priyo dan Bripka Sigit yang didapuk menyajikan materi Vertical Rescue menjelaskan terdapat  teknik utama yang harus dikuasai yaitu Teknik Penjangkauan Objek dan evakuasi objek.

Didalam teknik penjangkauan objek memiliki 3 tehnik, yaitu :

1.Leading (Perintisan)

Teknik penjangkauan dengan cara pemanjatan perintisan dari titik di bawah posisi objek/korban berada. Teknik ini dilakukan oleh Leader dengan memasang pengaman pada titik-titik tertentu.

2.Traversing (Perintisan Menyamping)

Teknik penjangkauan dengan cara menyamping, dimana tim evakuasi berada dalam titik sejajar dengan posisi objek.

3.Abseiling

Teknik penjangkauan jika posisi objek berada di bawah posisi tim evakuasi.

Begitu juga dalam Teknik Evakuasi Objek ada 3 teknik, yakni:

-Hauling
Dilakukan dengan cara memindahkan objek dari tempat tinggi. Proses pemindahan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi berat objek saat dilakukan penarikan ke atas.

-Lowering
Kebalikan dari Hauling, dimana teknik ini dilakukan dengan cara menurunkan objek tempat yang lebih rendah. Objek dapat ditunkan dengan atau tanpa menggunakan Stretcher (tandu).

-Suspension
Teknik pemindahan objek dengan cara diseberangkan baik ke tempat yang lebih tinggi, sejajar, maupun lebih rendah dari posisi objek berada. Teknik ini merupakan alternatif terakhir, karena teknik ini akan memakan waktu cukup lama.

Selain hal tersebut di atas, dalam vertical rescue diperlukan pemahaman tentang pemasangan anchor baik pada media keras maupun pada media lunak.

Komentar