PENGAMBILAN AIR SUCI UMBUL MANTEN GUNUNG MERAPI


Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-77 pada tanggal 1 Juli 2023, Personel Satuan Brimob Polda DIY laksanakan tradisi pengambilan Air Suci di lereng gunung Merapi umbul lanang dan umbul wadon.

untuk mengambil air suci umbul lanang dan umbul wadon di gunung merapi harus menyusuri lembah lereng gunung dan melewati jalan yg terjal dan hanya bisa dilalui dengan jalan kaki.

menurut kisah berapa taun silam pada zaman kerajaan majapahit ki tunggul among rogo alias syeh jumadil qubro melakukan pertapaan di gunung turgo dan mendapatkan petunjuk untuk merengkuh wilayah timur gunung plawangan.

Dan disitulah  muncul dua sumber mata air yg diberi nama umbul wadon dan umbul lanang kemudian syech jumadil kubro menyerahkan umbul wadon kpd nyi ragil kuning sedangkan umbul lanang diserahkan kpd ki nogo sosro.

Dan sampai sekarang sumber mata air umbul wadon dan umbulnlanang mengalir kebawah mengaliri kota yogyaKarta yg dipakai untuk kepentingan masyarakat dan komersial.

air suci dari lereng gunung merapi di bawa ke mapolda daerah istimewa Yogyakarta dan akan digunakan untuk mensucikan pataka Polda DIY.





Komentar